Abyor International bantu Terminal Teluk Lamong mengintegrasikan alat semi otomatis dengan SAP Plant Maintenance

You are here : Home  News & Events

Abyor International bantu Terminal Teluk Lamong mengintegrasikan alat semi otomatis dengan SAP Plant Maintenance

Konsultan Abyor mempresentasikan SAP Fiori Kepada Direksi PT TTL pada Go Live Meeting PT TTL

Teluk Lamong – 22 Desember 2017, PT Terminal Teluk Lamong mengadakan seremoni Go Live implementasi SAP Plant Maintenance

Berdiri 31 Desember 2013, bisnis utama dari PT Terminal Teluk Lamong (PT TTL) adalah pelayanan bongkar muat peti kemas. Tahun 2015 PT TTL melayani bisnis bongkar curah kering. Seiring berjalanannya waktu para pendiri perusahaan yakin bahwa bisnis yang ditetapkan untuk TTL akan berkembang, dan terbukti memiliki tren-nya cukup bagus. Tentunya perkembangan ini membutuhkan dukungan dari sistem informasi yang handal. Memang sejak awal berdiri PT TTL ini harus di dukung dengan IT. Semua kegiatan dilakukan dengan teknologi informasi dan dengan tenaga yang minimal sehingga PT TTL memberi perhatian besar terhadap pengembangan sistem. Tahun 2016 PT TTL berhasil melakukan implementasi SAP untuk modul FICO, HCM & MM. PT TTL mengoperasikan alat semi-otomatis, sehingga sedikit sekali menggunakan tenaga personil dalam mengoperasikan alat, khususnya Automatic Stacking Crane. Perlu adanya dukungan sistem untuk memantau performa alat dan bagaimana perawatannya. Setelah melakukan evaluasi terhadap beberapa produk, pilihan PT TTL jatuh pada SAP Plant Maintenance, sehingga PT TTL dapat menjaga integrasi antar modul dengan modul FICO. 

Sebagai terminal semi-otomatis pertama, teknologi alat yang digunakan oleh PT TTL cukup canggih dan relatif terbaru yang tentunya harus dipertahankan selama mungkin sehingga diperlukan alat-alat moitoring yang handal. Modul Plant Maintenance (PM) SAP dapat diaplikasikan untuk kegiatan-kegiatan yang sifatnya preventif atau kuratif, artinya dengan adanya tools PM maka semua activity bisa dicatat dengan baik. Selain itu dalam konteks preventif maintenance sistem SAP PM dapat dikoneksikan ke peralatan untuk mendapatkan informasi misalnya jam operasi, jam produksi, jumlah produksi dan kesalahan-kesalahan yang terjadi di alat sehingga management dengan cepat bisa mengambil keputusan dengan adanya PM ini.

Proses pemilihan vendor pekerjaan implementasi Modul PM ini dilakukan PT TTL melalui tender dengan menacu pada prinsip Good Governance. Tender ini dimenangkan oleh PT Abyor International sebagai SAP Platinum Partner dan penyedia jasa implementasi SAP yang sudah memiliki banyak pengalaman implementasi modul PM di Indonesia. Abyor memiliki harga yang kompetitif dan diakui oleh PT TTL memiliki tim konsultan yang qualified. Hal ini dibuktikan dengan proses implementasi yang dapat diselesaikan oleh Abyor lebih cepat dari rencana awal yakni selama tiga bulan.

“Dengan waktu kontrak implementasi hanya 3 bulan awalnya kami cukup pesimis. Ternyata tenaga yang dikirim oleh abyor qualified dan bagus, sehingga waktu yang ada terselesaikan dengan lebih singkat. Saya sangat surprised. Alhamdulillah hari ini tanggal 22 Desember kamis sudah melakukan Go Live yang mana awal dari pekerjaan ini adalah tanggal 4 Oktober 2017,” ujar Firmaniansyah selaku ICT Dept. Head di PT TTL.

“Dengan keberhasilan PM saya berharap masih ada kerjasama lain, karena TTL ini merupakan perusahaan baru, dimana kami juga berencana melakukan ekspansi keluar wilayah pelindo 3, yang tentunya harus di support dengan sistem informasi yang cukup baik salah satunya dengan SAP yang saat ini kami gunakan,” tambahnya. 

Selain modul PM, Abyor International juga membantu PT TTL untuk merasakan manfaat dari User Exerience (UX) dengan menerapkan teknologi SAP Fiori. “Kendala management saat ini mobilitasnya sangat tinggi sehingga waktu di kantor terbatas, seringkali mereka memberikan approval dari luar. Misal ketika mereka dipanggil ke induk nya di kantor pusat atau ketika keluar kota, atau ketika harus melakukan approval di malam hari maka dituntut adanya modul yang bisa diakses dari jauh. Saya lihat SAP Fiori ini cukup baik untuk digunakan untuk case tersebut. Pengalaman implementasi saat ini, saya memang cukup senang dan berharap di masa yang akan datang bisa bekerjasama kembali dengan Abyor,” ujar Firman.

Direktur Solution Architect PT Abyor International, Budi Liman Subroto pada seremoni Go Live tersebut menyampaikan bahwa, “Abyor berkomitmen untuk membantu PT TTL untuk membuat SAP sistem ini menjadi suatu sistem yang handal, reliable, juga bisa memenuhi kebutuhan PT TTL, sehingga kita bisa bersama-sama memajukan Teluk Lamong ini”.

Sementara itu CEO PT TTL, Dothy, menambahkan, “ Go Live ini Modul SAP Plant Maintenance ini menjadi hadiah ulang tahun ke -4 bagi Terminal Teluk Lamong, dan menjadi langkah yang luar biasa untuk tahun-tahun berikutnya.


Abyor Indonesia

+62 21 29004532 +62 31 60038438 info@abyor.com

Abyor Singapore

info@abyor.com

Abyor Australia

+61 435711318 info@abyor.com

Abyor Netherlands

+31408517595 info@abyor.com


ContactnUs
Contact Us