News

BP3TI Capai Reformasi Birokrasi dengan Implementasi ERP

BP3TI Capai Reformasi Birokrasi dengan Implementasi ERP

Reformasi birokrasi merupakan suatu upaya pemerintah Indonesia dalam mewujudkan good governance. Reformasi birokrasi pada hakikatnya merupakan upaya untuk melakukan pembaharuan dan perubahan mendasar terhadap sistem penyelenggaraan pemerintahan terutama menyangkut aspek-aspek kelembagaan (organisasi), ketatalaksanaan (business prosess) dan sumber daya manusia aparatur. Dalam prakteknya pemerintah melakukan penataan terhadap sistem penyelenggaraan pemerintahan yang tidak hanya efektif dan efesien. Hal ini menjadi sebuah keharusan mengingat perkembangan saat ini menuntut pemerintah dapat melakukan pelayanan secara cepat, tepat, akuntabel, transparan, professional serta dapat dipertanggungjawabkan.

BP3TI (Balai Penyedia dan Pengelola Pembiayaan Telekomunikasi dan Informatika) sebagai salah satu perangkat negara turut mendukung Reformasi Birokrasi. Salah satu upayanya yakni dengan menerapkan sistem Enterprise Resource Planning (ERP) diatas platform SAP S/4HANA Cloud dalam ketatalaksanaannya. ERP merupakan sebuah aplikasi manajemen bisnis yang memudahkan pengelolaan bisnis dan sumber daya mulai dari keuangan, bahan mentah, kapasitas produksi, dan sumber daya manusia (SDM) secara terintegrasi. Sementara S/4 HANA merupakan next-generation intelligent ERP business suite atau dikenal dengan istilah kekinian Digital Core, yang dirancang khusus untuk in-memory computing. Ini artinya proses kerja sistem bisa dilakukan lebih cepat dan secara realtime. Sebagai perpanjangan dari Digital Core S/4HANA, BP3TI juga mengimplementasikan SAP SuccessFactors yang merupakan sistem HCM (Human Capital Management) dengan fitur yang terkini dan canggih dan SAP Ariba yang merupaka sistem Strategic Sourcing dengan e-procurement sebagai fitur utamanya.

Anang Achmad Latif, Direktur Utama BP3TI, disela-sela kick off meeting project implementasi BP3TI pada 13 Maret 2018 lalu mengatakan, “BP3TI memiliki organisasi yang dinamis yang sangat terbuka terhadap adanya perkembangan teknologi. Hal ini merupakan leverage bagi kami terhadap implementasi ini. Bagi kami project ini sangat penting, karena tidak hanya mentransformasi BP3TI kearah yang lebih baik tetapi juga karena project ini menjadi sorotan bagi kementrian-kementrian lainnya”. Upaya BP3TI ini sejalan dengan tujuan Reformasi birokrasi yakni mewujudkan sistem penyelenggaraan pemerintahan yang lebih efisien dan efektif sehingga dapat melayani masyarakat Indonesia dengan lebih baik. Sebagaimana yang diungkapkan Edwin Jurriens dan Ross Tapsell, dalam bukunya yang berjudul “Digital Indonesia”, salah satu manfaat paling penting yang disediakan teknologi digital ialah kemampuannya menghubungkan warga negara dengan pemerintah dalam cara baru yang efisien.

Abyor International sebagai agen transformasi digital di Indonesia, melalui implementasi SAP S/4HANA, mendukung perjalanan BP3TI untuk mewujudkan good governance. Hari Tjahjono selaku Direktur Utama Abyor International mengungkapkan, “Kami berharap implementasi di BP3TI ini dapat menjadi contoh yang baik dimana kementrian di Indonesia untuk menerapkan ERP, karena di luar negeri kementrian dan pemerintahan sudah menggunakan dan meraih manfaat dari SAP. Semoga BP3TI menjadi project percontohan bagi kementrian-kementrian yang lain. Tentunya Abyor cukup confidence dengan keberhasilan project ini”. Dengan sejumlah portofolio dan tenaga ahli yang kompeten, BP3TI mempercayakan project ini kepada Abyor International sebagai SAP platinum partner dan bagian dari jaringan NTT Group Global.