News

Go Live ERP SAP, Milestone Penting dalam Sistem TI Perusahaan

Tak dapat dipungkiri, kemajuan teknologi informasi mengubah cara kita belajar, bermain dan bekerja. Hal ini menyediakan dampak yang cukup besar bagi pertumbuhan ekonomi, karena teknologi informasi membuat kerja menjadi lebih bermanfaat dan berkualitas.

Seperti diketahui sejak pertengahan 2014 lalu, PT Perkebunan Nusantara X telah memulai implementasi ERP atau Enterprise Resource Planning System. ERP adalah sebuah sistem informasi perusahaan yang dirancang untuk mengoordinasikan semua sumber daya, informasi, dan aktifitas yang diperlukan untuk proses bisnis secara lengkap.

Djoko Santoso, Direktur SDM & Umum PTPN X dalam paparannya pada acara Go Live ERP SAP Rabu (04/03) lalu mengatakan, “Untuk selanjutnya perubahan infrastruktur ini akan meningkatkan transparansi di perusahaan, sehingga mau tidak mau akan mengubah budaya perusahaan pula. Hal ini nantinya akan mengubah kinerja masing-masing individu menjadi lebih efisien dan produktif.”

Dalam acara yang dihadiri seluruh Key User dan End User ERP dari unit usaha Pabrik Gula dan Kebun Tembakau ini, Djoko memandu langsung contoh implementasi Modul Human Capital Management di depan Direktur Utama dan jajaran Direksi lainnya. “Sebagai contoh, dengan adanya ERP, unit kerja tidak bisa lagi mengadakan perekrutan pegawai secara mandiri tanpa diketahui Divisi SDM & HI Kantor Direksi,” papar dia.

Acara Go Live ERP SAP ini dibuka oleh Laporan Ketua Tim Implementasi ERP SAP PTPN X, Koesbiantono terkait pelaksanaan implementasi ERP, sejak Kick Off Mei 2014 hingga Go Live awal Maret 2015 ini. Nampak hadir pula dalam acara tersebut Deputi Eksekutif General Manager PT Telkom Divisi Regional V Jawa Timur, Djatmiko, serta perwakilan dari PT SAP Indonesia, Andy Mulyawan.

Direktur Utama PTPN X, Subiyono dalam sambutannya setelah peresmian Go Live ERP SAP menyatakan kesalutannya atas semangat Tim Implementasi yang telah menyiapkan sistem ini sedemikian rupa, sehingga target Go Live dalam waktu hanya sembilan bulan. “Setelah ini kita harus siap menerima kunjungan dari perusahaan lain, karena seperti diketahui PTPN X adalah PTPN pertama yang berhasil mengimplementasikan ERP dalam sistem TI perusahaan,” jelas Subiyono bangga.

Pada akhir acara, diserahkan penghargaan Best Key User dan Best End User kepada 11 karyawan/karyawati PTPN X oleh Direktur Utama PT ABYOR International, Hari Tjahjono. Selain kedua penghargaan tersebut, ada penghargaan Best Of The Best End User yang dirah oleh Dadang Retyo Katnoko. Menurut Hari, penghargaan tersebut merupakan bentuk apresiasi PT ABYOR selaku implementator ERP PTPN X atas antusiasme dan pencapaian rekan-rekan key user dan end user dalam implementasi ERP. (AFS_Corcom, OPI_Corcom)

http://www.ptpn10.co.id/blog/go-live-erp-sap-milestone-penting-dalam-sistem-ti-perusahaan