News

Implementasikan Procura, Peruri Digitalisasikan Proses Pengadaan

Implementasikan Procura, Peruri Digitalisasikan Proses Pengadaan

Era digital saat ini sangat mengedepankan konsep bisnis yang terintegrasi dan transparan. Hampir semua sektor bisnis memerlukan integrasi dan transparansi karena sangat memudahkan pelaku bisnis untuk bisa lebih berkembang. Kemudahan dan transparansi bisnis ini bisa didapatkan salah satunya yaitu dengan menerapkan e-Procurement.

PT. Abyor International selaku perusahaan yang bergerak di bidang IT juga memberikan layanan implementasi e-Procurement yang dikembangkan sendiri dengan brand ProcurA®. Selain itu Abyor juga sudah berpengalaman menggarap berbagai macam project baik dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN) maupun dari pihak Swasta.

Baru-baru ini, Perum Peruri berhasil menerapkan e-Procurement  pada business process mereka. Perum Peruri merupakan perusahaan BUMN yang bertugas untuk mencetak uang rupiah dan produk sekuriti lainnya. “Karena tingginya demand atas barang-barang umum, ATK, dan sparepart, pada akhir tahun 2017 Perum Peruri pun memutuskan untuk menerapkan e-Procurement dari Abyor” ujar Fadel, selaku kepala Divisi Pengadaan dan Fasilitas Umum.

E-Procurement sendiri merupakan sistem pengelolaan kegiatan pengadaan termasuk pembelian permintaan, otorisasi, pemesanan, pengiriman dan pembayaran antara pembeli dan pemasok. Dengan kata lain, proses pengadaan barang dan jasa dengan sistem e-procurement ini memanfaatkan teknologi komunikasi dan informasi untuk mendukung proses pelelangan umum secara elektronik.

“Adanya e-Procurement ini sangat membantu Peruri dalam mempersingkat waktu pemrosesan data dari rekanan. Sebelumnya rekanan harus bolak balik ke peruri untuk registrasi, memberikan dokumen dan update data. Sekarang sudah bisa secara mobile melakukan registrasi dan memberikan lampiran dokumen.”

“Selain itu, dulu permintaan dikirim melalui Official Account Peruri dengan lampiran file pdf, xls, dan doc. Sekarang semua permintaan sudah melalui e-procurement sehingga formatnya pun sudah terstandarisasi” lanjutnya.

Abyor memulai proses Implementasi ProcurA® pada 19 September 2017. “Kita punya target 2018 sudah Go Live. Alhamdulillah, hari ini tanggal 31 Januari 2018 target itu sudah tercapai yaitu Go Live e-Procurement dari Peruri” tandas Fadel