News

Proses Implementasi Paling Cepat untuk PT Timah

SAP SRM Go-Live di PT Timah (Persero) Tbk. SAP Indonesia mengumumkan bahwa solusi SRM (Suplier Relationship Management) PPS 7.0 telah go-live di PT Timah (Persero) Tbk. 13 Juni lalu bertempat di Hotel Nikko, Jakarta.

Proses implementasi SAP SRM, PT Timah (Persero) Tbk dibantu oleh PT Abyor International sebagai pihak implementor. PT Abyor International membantu PT Timah (Persero) Tbk mulai dari project preparation, blue print, realisasi, final preparation, dan juga dukungan setelah proses implementasi selesai (go-live).

“Implementasi SAP SRM bertujuan untuk membantu PT Timah (Persero) Tbk mencapai tujuan bisnis strategis di mana kami dapat menciptakan proses bisnis yang efektif, baik, dan menciptakan transparasi dalam proses pembelian. Dengan solusi SAP SRM, PT Timah terbantu dari proses pengadaan yaitu harga yang lebih baik, kualitas yang meningkat, ketersediaan barang dan jasa serta waktu pengiriman yang tepat waktu. SRM mempermudah proses pengadaan karena dapat dilakukan dengan email. Hal ini membantu mempercepat proses pengadaan di PT Timah,” kata Krishna Syarif, Direktur Keuangan PT Timah (Persero) Tbk.

“Proses implementasi yang dilakukan PT Abyor untuk PT Timah adalah yang paling cepat menurut saya. Biasanya implementasi untuk produk end-to-end seperti ini menghabiskan waktu tujuh hingga delapan bulan, namun kali ini hanya 4,5 bulan. Selain penyedia jasa, PT Abyor juga membantu implementasi dan menjadi konsultan PT Timah. Sebagai penyedia software, PT SAP tentu melakukan pengawasan untuk memastikan apa yang dilakukan oleh PT Abyor sesuai dengan Quality Assurance dari kami,” tambah Krishna

Hari Tjahjono, Direktur PT Abyor International juga menjelaskan bahwa proses implementasi SAP SRM di PT Timah membutuhkan banyak upaya, terutama dalam pelatihan bagi para vendor untuk membiasakan diri mereka dengan sistem baru dalam merespon dan berinteraksi dengan PT Timah

Impementasi SRM ini belum banyak dilakukan di Indonesia dan PT Timah mengklaim menjadi perusahaan pertama yang mengaplikasikan SAP SRM 7.0. Hal ini yang membuat PT Abyor International harus mempunyai keahlian khusus.

PT Timah memilih SAP SRM untuk melakukan sinkronisasi dengan sistem yang digunakan saat inis eperti SAP ECC 6.0. Ke depan, perusahaan ini akan mengimplementasikan paket lanjutan dari SAP untuk mendukung SRM. Di samping itu, PT Timah juga akan memaksimalkan fungsi SRM PPS dan mensinkronisasikannya dengan proses bisnis yang telah berjalan, serta mengintegrasikan SRM dengan modul lainnya.