News

SAP Business ByDesign : Transformasi Digital Bukan Hanya Milik Korporasi Besar

Transformasi digital merupakan sebuah topik yang kian hangat untuk dibahas tidak hanya di kalangan korporasi besar, namun juga bagi Small & Medium Business (SMB). Mengapa transformasi digital ini perlu dilakukan tentunya tidak terlepas dari motif perkembangan bisnis dan ekonomi perusahaan. Hasil survey yang dilakukan oleh SAP terhadap SMB dari 3.210 responden di 11 negara, dengan jumlah karyawan antara 10 dan 999 orang menunjukkan bahwa SMB yang telah menerapkan teknologi digital menunjukkan pertumbuhan yang lebih cepat dari perusahaan yang belum menerapkan. Sekitar 60 persen diantaranya menyatakan bahwa solusi yang berbasis teknologi digital memungkinkan untuk mendukung alur kerja dan proses bisnis untuk merampingkan operasi dan meningkatkan produktivitas. Hal ini menunjukkan bahwa transformasi digital memiliki dampak besar pada SMB.

Dahulu aplikasi Enterprise Resource Planning (ERP) hanya dapat dinikmati oleh korporasi besar dengan investasi yang mencengangkan. Belum lagi mereka harus merogoh kocek lebih dalam untuk investasi hardware dan infrastruktur. Demi menjawab tantangan ini SAP mengeluarkan sebuah solusi ERP berbasis cloud yang di cap dengan nama SAP Business ByDesign. Mengapa harus Cloud? Seperti kita ketahui, Cloud merupakan gabungan pemanfaatan teknologi komputer dalam suatu jaringan dengan pengembangan berbasis internet yang mempunyai fungsi untuk menjalankan program atau aplikasi melalui komputer tanpa harus melakukan instalasi di hardware. Dengan begitu biaya investasi hardware dan infrastruktur yang tidak sedikit dapat dipangkas. Ini merupakan jawaban bagi keterbatasan finansial yang kerap menjadi hambatan bagi SMB untuk melakukan transformasi digital. SMB dapat menikmati manfaat ERP yang sama canggihnya, dengan biaya yang jauh lebih terjangkau. Tidak hanya sampai disitu, para korporasi besar yang telah menggunakan SAP ECC maupun SAP S/4HANA juga dapat mengimplementasikan SAP Business ByDesign di anak perusahaannya. Hal ini dikarenakan salah satu keunggulan SAP Business ByDesign adalah dapat diintegrasikan dengan ECC maupun S/4HANA.

Abyor international sebagai partner lokal SAP di Indonesia dengan jaringan global NTT Data Group turut mendukung transformasi digital untuk SMB. Baru-baru ini Abyor International mengajak para SMB dan korporasi pemilik anak perusahaan untuk berkenalan dengan Cloud ERP dalam acara SAP Business ByDesign Solution Briefing. “Antusiasme yang tinggi dan diluar ekspektasi dari para SMB yang hadir memotivasi Abyor untuk mensuport para SMB untuk melakukan transformasi digital” ujar Aris Dipa, selaku Cloud Product Specialist Abyor International, usai mengisi presentasi dan demo sistem dalam Solution Briefing tersebut.

Acara yang bertajuk “Streamline Your Emerging Business” ini juga diisi dengan paparan dari Daire O’Mochain selaku SAP Cloud Solution Regional Manager dari NTT Data APAC. Dalam paparannya Daire menyampaikan bahwa Indonesia menawarkan banyak peluang menarik bagi Cloud Market. “Kami melihat semakin banyak minat dalam Cloud ERP di seluruh segmen SMB di Asia Pasifik, dimana optimisme bisnisnya tinggi dan ada keinginan kuat untuk mendapatkan keunggulan kompetitif melalui teknologi. Penawaran SAP Business ByDesign dari NTT DATA menggabungkan solusi ERP terkemuka dengan mitra implementasi yang fleksibel dengan pengetahuan lokal dan pengalaman global. Kemampuan kami untuk men-deliver produk-produk Cloud lainnya dari SAP juga berarti bahwa kami dapat memastikan bahwa roadmap teknologi yang ditawarkan dapat berjalan dengan selaras. Kemampuan untuk terlibat dengan pelanggan SMB di semua aspek bisnis mereka dengan cara ini, saya pikir, merupakan komponen penting untuk memastikan hasil yang sukses. Komitmen kami untuk pasar menengah ditunjukkan lebih lanjut dengan memiliki pengalaman pada range industry yang luas dan Line of Business yang spesifik – yang secara esensial berarti scope dan harga yang fix sertatimeframe yang lebih singkat. Sangat menyenangkan dapat berpartisipasi dalam acara ini dengan Abyor dan SAP Indonesia, serta menghabiskan waktu bersama tim Cloud ERP dan SuccessFactors di Indonesia. Harapannya kedepan lebih banyak lagi dilaksanakan event seperti ini dan dapat berpartisipasi lagi”.