News

Teknologi Canggih Penopang RS Mitra Keluarga

Jakarta – Mitra Keluarga Karyasehat selaku pengelola RS Mitra Keluarga, memilih untuk menggandeng SAP Indonesia untuk memenuhi seluruh kebutuhan teknologi informasi mereka secara menyeluruh dari hulu ke hilir.

Bukan sekadar memakai sistem informasi Electronic Medical Record (EMR) untuk mendata pasien, kerja sama juga dilakukan guna menerapkan sistem SAP secara keseluruhan (end-to-end) pada rumah sakit.

“Rumah sakit kita adalah yang pertama menggunakan solusi lengkap secara endtoend baik dari frontend maupun backend,” kata Rustiyan Oen, Direktur Utama Mitra Keluarga dalam keterangannya, Selasa (28/6/2016).

Di bagian front-end akan meliputi seluruh hal yang berkaitan dengan pendaftaran pasien, registrasi rawat inap, catatan medis, hingga pendaftaran radiologi. Sementara di backend terdiri dari berbagai urusan administrasi seperti keuangan, pengadaan, serta persediaan obat.

“Dengan sistem yang baru ini, waktu untuk bertemu dokter bisa lebih cepat. Begitu juga, dari sisi keuangan, kita akan tahu bisnis mana yang untung dan rugi. Kita juga bisa melakukan analisa data lebih cepat,” lanjutnya.

Saat ini, sudah ada 12 rumah sakit yang tergabung dalam Mitra Keluarga di seluruh Indonesia. Sebanyak delapan di antaranya berada di Jakarta, tiga di Surabaya, dan satu di Tegal.

Rencananya, seluruh rumah sakit tersebut nantinya akan diintegrasikan dengan sistem SAP. Untuk tahap awal, ada satu rumah sakit di Jakarta yang sudah mengimplementasikan sistem ini pada akhir 2018.

“Dengan memanfaatkan keahlian SAP, bekerja sama dengan mitranya Abyor International dan T-Systems, kami berharap dapat terus memberikan pelayanan medis kelas dunia,” ucap Rustiyan.

Megawaty Khie, Vice President & Managing Director SAP Indonesia, menyambut baik kepercayaan Mitra Keluarga untuk jadi bagian dari pengguna teknologinya. SAP yang beroperasi di Indonesia sejak 1997, menurutnya, telah membantu lebih dari 1.000 pelanggan untuk menjalankan bisnisnya.

“Dalam proyek ini, kami telah menyertakan layanan MaxAttention SAP guna membantu kelancaran penyelesaian proyek, validasi komitmen kami untuk keberhasilan mereka,” pungkasnya. (rou/rou)