News

Antam empowering business with technology

Jakarta, 15 Juni 2017 –  Guna meningkatkan produktifitas dan kompetensinya PT Aneka Tambang, Tbk melakukan migrasi ERP. Solusi migrasi ERP SAP ini juga dikarenakan Antam ingin melakukan standarisasi proses bisnis yang sesuai dengan operasi untuk mendukung strategi bisnis jangka pendek dan panjang dari Antam.

PT Aneka Tambang, Tbk merupakan perusahaan pertambangan yang terdiversifikasi dan terintegrasi secara vertikal yang berorientasi ekspor. Melalui wilayah operasi yang tersebar di seluruh Indonesia yang kaya akan bahan mineral, kegiatan ANTAM mencakup eksplorasi, penambangan, pengolahan serta pemasaran dari komoditas bijih nikel, feronikel, emas, perak, bauksit dan batubara. ANTAM memiliki konsumen jangka panjang yang loyal di Eropa dan Asia.

Sebelum implementasi SAP, Antam memiliki system ERP yang sudah tidak didukung lagi oleh principle selain itu Antam juga melakukan transformasi model bisnis yang sebelumnya pertambangan menjadi produser yang memproduksi dari tambang tersebut, sehingga transformasi ini harus didukung oleh system yang kuat.

PT Aneka Tambang, Tbk memilih SAP sebagai penyedia solusi perangkat lunaknya mengingat SAP yang sudah dikenal secara global dan merupakan best practice dalam proses bisnis.

SAP S/4HANA adalah business suite generasi ekonomi digital yang menghadirkan inovasi penyederhanaan yang belum pernah ada sebelumnya. Solusi ini memiliki kemampuan yang luar biasa dalam mengubah bagaimana perangkat lunak perusahaan menciptakan nilai bisnis dengan inti digital yang tersedia melalui cloud, onpremise,dan hybrid deployment. SAP S/4HANA dibangun di atas platform in-memory SAP HANA dengan prinsip modern SAP Fioriuser experience(UX) untuk perangkat mobile.

“Dengan perubahan model bisnis sebelumnya yang dari pertambangan menjadi produse dalam proses produksi pertambangan sehingga dibutuhkan perubahan di system informasi. Kami berharap perubahan ini juga mampu menjadi competitive advantage dalam bersaing serta memudahkan perusahaan untuk mengambil keputusan kedepannya,” ujar Arie Prabowo Ariotedjo Direktur Utama PT Aneka Tambang, Tbk.

Implementasi SAP S/4HANA pada Antam akan membutuhkan waktu sekitar dua belas bulan dan diperkirakan selesai pada bulan Mei 2018, Modul yang akan diimplementasi meliputi FICO (Financial Accounting and Controlling), MM (Materials Management), Product Planning, Quality Management, BPC (Business Planning and Consolidation), Business Intelegent, Human Resource, Sales and Distribution, Plant Maintenance, serta Project System.

Dalam mengimplementasikan system ERP, Antam akan dibantu oleh PT Abyor International, partner SAP yang telah memiliki banyak rekam jejak dalam mengimplementasikan solusi SAP di berbagai industri di Indonesia, dan tim pendukung yang berkualitas.Abyor melayani basis klien globaldengan memberikan solusi IT yang komprehensif, efisien, dan efektif yang akan membantu meningkatkan kinerja perusahaan. Abyor juga merupakan perusahaan konsultan terkemuka SAP di Indonesia yang saat ini menjadi Gold Partner dari SAP, dan dikelola oleh para veteran SAP.

Hari Tjahjono selaku Direktur Utama PT Abyor International mengatakan, “Implementasi ERP ini bukan hanya Projek IT, semua stakeholeder harus terlibat Karena berhasilnya projek ini terdiri dari 3 hal yaitu System readiness, data readiness dan people readiness. Abyor International sebagai konsultan akan membantu untuk menjaga ke-tiga hal tersebut.”

Hari menambahkan,, Abyor International sangat berterima kasih Karena telah dipercaya untuk mengimplementasikan ERP SAP ini.