3 Alasan Harus Migrasi ke SAP S/4HANA Sekarang!

3 Alasan Mengapa Anda Harus Migrasi ke SAP S/4HANA Sekarang!

Pengumuman SAP perihal deadline untuk mendukung legacy software adalah tahun 2027. Periode tersebut memang masih lama, tapi tidak berarti Anda harus menunda untuk migrasi ke SAP S/4HANA. Banyak alasan mengapa melakukan migrasi sekarang dapat menghemat waktu dan biaya Anda – berikut adalah 3 poin utamanya.

Untuk migrasi ke SAP S/4HANA, bukanlah sebuah keputusan yang dapat diambil secara cepat. Ada 3 Alasan migrasi ke SAP S/4HANA Selain konsiderasi biaya, migrasi juga membutuhkan peran dari lintas departemen, training untuk software baru dan menyesuaikan kembali alokasi sumber daya internal. Tidak heran, banyak perusahaan yang menunda untuk migrasi. Terlebih lagi, SAP akan support legacy ERP solutions hingga 2027. Jadi, tidak perlu terburu-buru bukan?

Menunggu hingga saat-saat terakhir memang mudah, tapi menunda lebih lama hanya akan mempersulit proses yang sudah intensif. Berikut adalah 3 alasan migrasi ke SAP S/4HANA sekarang.

  1. Full Product Maturity is Here

Setiap adanya produk baru, muncul keraguan untuk melakukan transisi. Kekhawatiran seperti apakah produknya memiliki bug? Bila membutuhkan bantuan, apakah ada tenaga ahli yang bisa membantu? Kami bisa memastikan, tantangan seperti itu tidak akan mempersulit Anda dalam proses migrasi ke SAP S/4HANA.

Sejak 2018, produk ini telah mencapai level product maturity tertinggi. Kini, kami hadir dengan koleksi pengalaman best practice, dimana semua pihak dalam SAP ecosystem – SAP support dan SAP Partners, seperti NTT Data Business Solutions, itelligence dan Abyor International – sudah ahli dalam melayani konsumen kami.

  1. Avoiding the Time Crunch

Mari kita coba pertimbangkan beberapa fakta: Pertama, SAP akan berhenti mendukung sistem ERP lama di tahun 2027. Kedua, konsultan dan tenaga ahli yang dibutuhkan untuk membimbing perusahaan dalam migrasi SAP S/4HANA jumlahnya terbatas. Terakhir, ada banyak perusahaan yang menggunakan software SAP dan menunda keputusan untuk migrasi ke platform ERP baru, SAP S/4HANA.

Dari fakta-fakta diatas, dapat disimpulkan bahwa: Semakin lama sebuah perusahaan menunda migrasi ke SAP S/4HANA, semakin besar kemungkinannya untuk masuk ke gelombang transisi yang kemungkinan mulai muncul di tahun 2021, dimana akan terjadi bottleneck dari supporting SAP Partners.

Dengan itu, kita sudah memasuki periode time crunch hingga 2027.

  1. No Need for a Disruptive Move

Manusia cenderung memiliki kebiasaan. Tidak semua orang mudah beradaptasi dengan perubahan. Kelebihan dari melakukan migrasi ke SAP S/4HANA dari sekarang adalah Anda akan memiliki fleksibilitas untuk tetap menggunakan fungsi ERP yang lama, walaupun sudah migrasi. Modul SAP Human Capital Management (HCM) misalnya, adalah modul untuk professional HR, yang belum tersedia versi terbarunya pada SAP S/4HANA, namun masih bisa digunakan dari solusi ERP sebelumnya. 

And Now? Move!

Selain kesesuaian dari single functions, ada 3 skenario utama berbeda untuk sebuah perusahaan dapat melakukan migrasi ke SAP S/4HANA:

New Implementation (Greenfield Approach), adalah migrasi dengan initial atau historical data load. Metode lain untuk perusahaan yang ingin migrasi dari SAP Business Suite adalah System Conversion (Brownfield Approach). Kemudian, Selective Data Transition adalah scenario dimana terjadi konsolidasi dari existing system landscape ke system SAP S/4HANA yang terpusat.

Setiap scenario harus disesuaikan dengan masing-masing konsumen sehingga ada kemungkinan untuk memodifikasi scenario di atas. Sebagai contoh, pada System Conversion, kami telah merancang approach unik yang disebut conversion factory, yang memungkinkan proses conversion dengan waktu dan budget yang fixed.

Kesimpulan: Melakukan migrasi ke SAP S/4HANA bukanlah keputusan yang mudah. Kami telah menyediakan 3 Alasan migrasi ke SAP S/4HANA ERP sekarang merupakan keputusan yang cerdas. Kenyataannya, migrasi ke SAP S/4HANA bukanlah suatu keputusan akan atau tidak, melainkan kapan… dan jawabannya adalah sekarang juga. Dengan pengalaman lebih dari 10 tahun dalam implementasi SAP, Abyor International, bagian dari NTT DATA siap membantu dalam transformasi digital perusahaan Anda.

—–

Artikel ditulis oleh: Rajiv Surendra

Tagged In:

Related Posts