https://abyor.com/wp-content/uploads/2019/10/finance-accounting-concept-male-businessman-working-on-desk-office-with-using-a-calculator-to_t20_7mjYG7.jpg

3 Alasan Penting Mengapa Perusahaan Harus Menggunakan ARIBA Contract Management

ARIBA Contract Management adalah salah satu submodul dari SAP ARIBA (ariba.com) yang mengakomodasi seluruh proses transaksi berbagai jenis kontrak mulai dari proses request, pembuatan kontrak, sampai eksekusi kontrak yang dirancang untuk meningkatkan kolaborasi dalam pembuatan kontrak.

Fitur – fitur yang dimiliki SAP ARIBA Contract Management memudahkan user untuk mengakses semua kontrak secara global dalam satu global repository yang bisa diakses kapan pun dan dimana pun melalui web browser. Selain itu, didalam dashboard tersebut juga, user juga bisa mengatur notifikasi dari kontrak yang telah dibuat kapan akan jatuh tempo. SAP ARIBA Contract juga terintegrasi dengan Microsoft Word sehingga memungkinkan user untuk melakukan proses pengeditan dokumen kontrak secara parallel dengan rekan kerja yang lain.

Keuntungan yang akan didapatkan perusahaan jika menggunakan ARIBA Contract Management antara lain perusaahaan bisa mengelola kontrak secara offline dengan pihak ketiga dengan integrasi Microsoft Word yang ketat, ARIBA memberikan fleksibilitas kepada pemangku kepentingan hukum dengan memberikan kompilasi klausul dan/atau perjanjian yang disetujui , serta memberikan kontrol versi kontrak yang mempunyai track changes, serta ARIBA juga memiliki kelebihan dalam keamanan dokumen karena semua perubahan didalam dokumen kontrak dapat diketahui log-nya. Selain itu, ARIBA memiliki kemampuan auto-renew yang memungkinkan perusahaan untuk melakukan addendum secara otomatis, kontrak juga bisa disetting sebagai kontrak fixed untuk kontrak-kontrak yang perjanjiannya tidak melewati lintas tahun, dan diatur sebagai kontrak perpetual untuk continuous contract yang tidak memiliki batas waktu.

Proses pembuatan kontrak di ARIBA Contract dimulai dari proses pembuatan persetujuan dengan supplier atau reference dokumen (internal link to sourcing blog post) yang nantinya akan diberikan ke supplier, selanjutnya dilakukan proses negosiasi dengan supplier. Dalam proses ini, dokumen negosiasi akan di-review oleh supplier, dari sisi perusahaan bisa memilih reviewer dari kontrak supplier dan proses review ini bisa dilakukan oleh lebih dari satu orang. Setelah itu, jika agreement sudah direview oleh supplier, selanjutnya team internal perusahaan akan melakukan review juga. Review dari team internal ini bisa di-setting approval-nya, biasanya yang melakukan review adalah orang legal yang mengerti tentang pasal-pasal. Setelah agreement di-review, selanjutnya akan akan proses approval oleh level manajemen/direktur. Terakhir adalah proses pendandatanganan kontrak. Di dalam ARIBA juga mengakomodasi untuk proses e-signature sehingga user tidak perlu mencetak dokumen, cukup dengan membubuhkan tanda tangan secara online, kontrak yang ada di ARIBA sudah bisa dinyatakan sah.

Tertarik untuk mendapatkan produktivitas yang lebih baik bagi perusahaan anda. Silakan kontak kami untuk diskusi lanjut.

 

Penulis: Nurma Fajriani

Trainer dan Penyunting : AM. Fikri Paramadina Unggul Yudha dan Dita Setya Rahmawan. 

Tagged In:

Related Posts