https://abyor.com/wp-content/uploads/2019/10/people-talk-near-the-tower-of-cardboard-boxes-services-transportation-delivery-of-goods-online_t20_pR4168.jpg

Inilah Sebab Perusahaan Terbaik Menggunakan ARIBA Supplier Management

Supplier management adalah sistem yang membantu perusahaan melakukan pengelolaan terhadap informasi supplier. ARIBA supplier life cycle and performance adalah salah satu sistem terbaik dalam pengelolaan informasi supplier atau vendor. ARIBA mempunyai fitur 360o Supplier Information Visibility yang dapat mengatur semua aspek informasi Supplier pada portal internet berbasis web yang terintegrasi dengan profile yang dikelola secara langsung oleh Supplier dan dibagikan kepada Perusahaan pada portal internet berbasis web tersebut. Perusahaan dapat mengakses informasi terkait Supplier secara menyeluruh, mengakses Supplier Profile hanya dengan 1 akses mudah, mengetahui informasi performa Supplier melalui akses Scorecard, Contracts, Spend Analysis, dan Sourcing Events, termasuk secara Real Time melakukan pemantauan performa supplier tersebut. Dengan adanya fitur 360o Supplier Information Visibility, Perusahaan tidak lagi dibebani dengan keterbatasan akses untuk mengetahui informasi terkait supplier secara keseluruhan.

Alasan kedua, adanya fitur Total Performance Management yang mengintegrasikan workflows, approvals, surveys, scorecards and analytics for measuring supplier. Perusahaan dapat menilai Supplier mengacu pada isian data sistem berdasarkan Scorecard, Key Performance Indicators (KPI’s), dan Stakeholder Surveys, sehingga gambaran kualitas Supplier dapat terlihat dalam sistem. Tampilan visual ARIBA Supplier Performance Management juga didesain secara aestetik sehingga Perusahaan dapat melakukan penilaian berdasarkan pengamatan pada akses Supplier Management Reports & Alerting, serta Supplier Management Spesific Dashboard sebagai bentuk platform tampilan report pada sistem yang tidak hanya berupa tabel dan angka, namun juga tampilan grafik. Dengan adanya fitur Total Performance Management, Perusahaan tidak lagi memiliki kendala dalam pemilihan Supplier terbaik, karena dalam sistem, pemilihan dilakukan berdasarkan penilaian kualitas yang akurat dan tidak bias.

Alasan ketiga, adanya fitur Unified Seller Console, Ability to Capture Full Supplier Value, dan Integrated Spend Management Platform yang memungkinkan Perusahaan dan Supplier untuk melakukan proses Supplier Management dengan terpusat pada satu Cloud System, sehingga Supplier dapat melakukan registrasi mandiri ke dalam sistem dan melakukan update profile terkait value yang meraka tawarkan. Perusahaan mendapatkan value yang ditawarkan oleh Supplier secara maksimal dengan melakukan analisa data secara menyeluruh, termasuk data Supplier Lifecycle yang ada di dalam sistem, serta dapat melakukan proses management: profile, organization, process & task, custom approval workflow, hingga proses document/certificate management. Dengan adanya fitur – fitur tersebut, Perusahaan yang mempunyai Ariba Supplier Information & Performance Management menjadikan proses Supplier Managament dalam bisnisnya menjadi lebih mudah.

Contributor : Aditya Akbar

Trainer dan Penyunting: AM. Fikri Paramadina Unggul Yudha dan Dita Setya Rahmawan. 

Tagged In:

Related Posts