https://abyor.com/wp-content/uploads/2019/10/overhead-view-of-desk-flat-lay-paying-bills-finance-budgeting-moneymatters-saving-planning-piggy-bank_t20_a7jK4p.jpg

Menggunakan Procure to Pay untuk Mengelola Pengeluaran dalam eProcurement

ARIBA merupakan aplikasi berbasis Cloud yang memiliki User Interfaces yang user friendly. Utilisasi ARIBA dalam proses Procure to Pay memudahkan End User untuk melakukan transaksi dan kolaborasi dengan supplier. Salah satu Contohnya adalah dalam pembuatan invoice. Vendor bisa langsung melakukan pembuatan invoice didalam sistem melalui ARIBA Network. Transaksi secara real-time oleh perusahaan dan vendor tidak bisa didapatkan jika tidak menggunakan ARIBA Procure to Pay.

Kemudahan dalam pembelian barang bersifat direct charge/spend buying bisa dimaksimalkan dengan fitur Catalog. Fitur catalog digunakan memudahkan pembelian barang dengan UI (User Interfaces) seperti situs market place yang sudah sangat familiar penggunaanya. Ini memudahkan End User dalam membuat permintaan pembelian barang.

ARIBA Network bisa di akses oleh vendor/supplier secara gratis, ini memudahkan vendor saat submit bidding, melengkapi profil supplier dan memberikan invoice kepada perusahaan bahkan melakukan update catalog jika diizinkan. ARIBA mampu dijadikan aplikasi front end pada perusahaan dengan aplikasi backend nya adalah SAP-ERP. Kolaborasi antara 2 aplikasi ini membuat ARIBA semakin powerfull dalam menjangkau kebutuhan user dari hulu hingga ke hilir karena selain transaksi pada ARIBA yang memiliki UI yang user friendly, user mendapatkan dashboard analytic yang membantu untuk proses decision making.

 

Kontributor: Indra Miftah Faluthi

Trainer dan Penyunting: AM. Fikri Paramadina Unggul Yudha dan Dita Setya Rahmawan

Tagged In:

Related Posts