Perlunya Perusahaan memiliki Manajemen Kontak dalam E Procurement

Penulis: Endah Fathonah

Trainer dan Penyunting: AM. Fikri Paramadina Unggul Yudha dan Dita Setya Rahmawan.

 

Content :

Kontrak manajemen adalah salah satu fitur penting dalam software e procurement terbaik: ARIBA. (Ariba.com). Salah satu fitur dalam manajemen kontak yang penting adalah integrasi end to end. proses ini dapat menangani draft contract, proses negosiasi, proses approval sampai proses monitoring kontrak. Proses integrasi dalam proses kontrak tidak hanya antar sesama buyer saja tetapi ARIBA juga menyediakan integrasI dengan supplier langsung. Perusahaan yang tidak mempunyai sistem ini akan kehilangan informasi status kontrak sehingga berakibat adanya inefisiensi.

 

Keunggulan lain ARIBA adalah adanya fitur contract authoring yang disebut sebagai main agreement. Fitur ini membantu pembuatan pasal-pasal dalam kontrak. ARIBA juga menyediakan clause library yang dapat mempercepat proses pembuatan draft contract. Supplier dan buyer dapat melakukan negosiasi pasal di dalam ARIBA tanpa harus bertemu secara langsung. Dokumen pasal-pasal di ARIBA dapat tersambung secara langsung dengan Microsoft Word. Setiap orang yang melakukan perubahan atau penambahan pasal di dalam main agreement dapat dilanjutkan dengan proses approval sehingga setiap perubahan dapat dilacak. Kontrak yang telah jadi juga bisa dijadikan sebagai Catalog (internal link to catalog blog post)

 

ARIBA Contract Management juga menyediakan real time dashboard untuk memantau berbagai informasi dalam kontrak seperti jumlah kontrak yang masih aktif, expired atau mendekati expired, jumlah supplier yang sudah melakukan approval contract dan jenis-jenis outstanding pekerjaan yang harus dilakukan user dan lain sebagainya. Dengan adanya dashboard ini tentunya memberikan kemudahan dalam membaca data dan melakukan analisis terhadap proses pembuatan dan monitoring kontrak.

 

Tertarik untuk mendapatkan produktivitas yang lebih baik bagi perusahaan anda. Silakan kontak kami untuk diskusi lanjut.

Tagged In:

Related Posts