News

Go Live BAKTI Untuk Negeri

Go Live BAKTI

BAKTI (Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan informatika),  merupakan unit organisasi di bawah Kementerian Komunikasi dan Informatika, yang memiliki tugas dan tanggung jawab membangun fasilitas infrastruktur TIK khususnya di daerah terpencil, terdepan, terluar (3T) dan daerah perbatasan di Indonesia.  Semula bernama BP3TI, BAKTI memeiliki misi utama penyediaan internet di daerah pelosok dan terpencil yang tidak tersentuh oleh operator komersial, menjadi program utama  BAKTI. BAKTI menargetkan dapat menancapkan 5.000 BTS di area-area yang tidak akan dimasuki oleh para operator karena faktor bisnis.

Go Live BAKTI

Di penghujung tahun 2018 ini, tak hanya tampil dengan branding baru, BAKTI mulai resmi beroperasi dengan SAP S/4HANA berbasis komputasi awan (cloud) sejak 1 Novemeber 2018 lalu. Selain S/4HANA sebagai digital core berbasis cloud, operasional BAKTI juga diperkuat dengan SAP SuccessFactors yang merupakan sistem HCM (Human Capital Management) dengan fitur yang terkini dan canggih dan SAP Ariba yang merupakan sistem Strategic Sourcing dengan e-proc sebagai fitur utamanya.

Anang Latif selaku  Direktur Utama BAKTI mengungkapkan, “Jumlah infrastruktur yang dibangun BAKTI ribuan dan pelaksanaanya tidak dalam waktu bersamaan. Ketika masih konvensional belum terkomputerisasi tentunya hubungan kami dengan pihak-pihak terlibat begitu kompleks. Dengan SAP S/4HANA dan modul-modul pendukungnya kami bisa menjawab kebutuhan perencanaan, prediksi, dan pembangunan infrastruktur dengan jauh lebih baik.”

Setiap proses tentunya selalu dihadapkan pada tantangan. “Bagi BAKTI tantangan yang dihadapi yakni dari segi culture, dari yang semula sangat konvensional harus bisa adopt dan engage dengan kebiasaan baru. Apalagi BAKTI ini merupakan bagian dari pemerintah yang selama ini bekerja melalui proses birokrasi. Namun semua itu kita pangkas tanpa menghilangkan unsur good governance dalam prosesnya. Kami belajar dari kesalahan kami pada saat masih menggunakan cara konvensional. Ketika menghadapi Audit banyak hal yang tidak terdokumentasi dengan baik. Kehadiran SAP bisa menyelesaikan persoalan ini”

“Harapannya kami menjadi organisasi yang simple namun tetap dapat mengemban tanggung jawab yang besar, dapat memanfaatkan SDM yang terbatas namun berkualitas, menjadikan bakti hadir dalam industri ini untuk memenuhi layanan masyarakat dengan tepat dan cepat.” pungkas Anang.

Kami bangga menjadi instansi pemerintah pertama yang menggunakan SAP. Harapannya kami bisa menularkan ini ke instansi pemerintah lainnya. Kami juga sebagai BLU pertama yang menggunakan SAP tentunya setelah implementasi ini setelah confidence kita akan perkenalkan dukungan ERP pada proses bisnis di setiap kementerian, “pungkas Anang.

“Dalam mengembangkan SAP ini butuh kesabaran, dan Abyor sebagai mitra dapat menunjukkan hal tersebut. Lebih dari 6 bulan kami bersama Abyor menjalankan implementasi ini, dengan waktu yang ditetapkan untuk Go Live 1 November lalu sudah terpenuhi, dan tentunya masih akan mendampingi sampai akhir tahun ini agar rekan-rekan menjadi lancar dan fasih dalam menggunakan SAP.”

Abyor International sebagai implementer dalam implementasi S/4HANA di BAKTI turut bangga telah menjadi bagian dari perjalanan BAKTI. Dengan sejumlah portofolio dan tenaga ahli yang kompeten, Abyor International sebagai SAP Platinum Partner di Indonesia dan bagian dari jaringan NTT Group Global, turut berkontribusi dalam komitmen BAKTI untuk negeri.