News

Pelindo IV Capai Sistem Pelaporan Yang Lebih Cepat, Akurat, dan Terpercaya Dengan SAP S/4HANA Bersama Abyor

Pelindo IV Capai Sistem Pelaporan Yang Lebih Cepat, Akurat, dan Terpercaya Dengan SAP S/4HANA Bersama Abyor

Makassar, 30 Mei 2017 – kurangi kompleksitas dan tingkatkan reliabilitas dalam pelaporan melalui implementasi SAP S/4HANA, didukung oleh partner ternama SAP, Abyor. Solusi ERP dari SAP ini akan mengintegrasikan dan mengotomatisasi proses pelaporan dari berbagai divisi perusahaan agar menjadi lebih cepat dan akurat, sehingga memungkinkan pelayanan pelanggan yang lebih maksimal dan efisien.

PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) atau yang lebih dikenal dengan Pelindo IVmenyediakan layanan pelabuhan untuk kapal, penumpang, kargo, dan kontainer. Memiliki misi untuk go public pada tahun 2018 nanti, Pelindo IV, yang berkantor pusat di Makassar, Sulawesi Selatan aktif mengelola 23 pelabuhan di berbagai wilayah nusantara yang mencakup Kalimantan Timur, Sulawesi, Kepulauan Maluku, dan Irian jaya.

Sebelum implementasi SAP, Pelindo IVmemiliki serangkaian sistem yangterpisah dan tidak terintegrasi satu sama lain sehingga mempengaruhi kinerja dan proses bisnis perusahaan. Hal ini dikarenakan PelindoIVmenggunakan perangkat lunak berbasis open source yang rumit untuk diaplikasikan. Tanpa dukungan teknologi yang terpercaya, permasalahan ini dikhawatirkan akan berdampak lebih lanjut pada sisi financial perusahaan. Seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi digital, Pelindo IV berniat melakukan peningkatan sistem teknologinya melalui implementasi SAP S/4HANA untuk menyederhanakan dan mengintegrasikan proses bisnis secara real-time.

PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) memilih SAP sebagai penyedia solusi perangkat lunaknya mengingat reputasi SAP yang sudah dikenal secara global beserta kelengkapan dan kesatuan modul yang dimilikinya.

SAP S/4HANA adalah business suite generasi ekonomi digital yang menghadirkan inovasi penyederhanaan yang belum pernah ada sebelumnya. Solusi ini memiliki kemampuan yang luar biasa dalam mengubah bagaimana perangkat lunak perusahaan menciptakan nilai bisnis dengan inti digital yang tersedia melalui cloud, on-premise, dan hybrid deployment.SAP S/4HANA dibangun di atas platform in-memory SAP HANA dengan prinsip modern SAP Fiori user experience (UX) untuk perangkat mobile.

“Kami berharap infrastruktur baru ini akan membantu memberikan pelaporan yang rincidan terintegrasiserta informasi real-time,yang mempermudah proses pelaporan, sehingga memudahkan perusahaan dalam melakukan pengambilan keputusan demi meningkatkan kepuasan pelanggan,” ujar Budi Revianto, Direktur Keuangan Pelindo IV.

Implementasi SAP S/4HANA pada Pelindo IV akan membutuhkan waktu sekitar enam bulan dan diperkirakan selesai pada bulan September 2017. Modul yang akan diimplementasi meliputi FICO (Financial Accounting and Controlling), MM (Materials Management), serta BPC (Business Planning and Consolidation).

Dalam mengimplementasikan sistem ERP, Pelindo IV akan dibantu oleh PT Abyor International, partner  SAP yang telah memiliki banyak rekam jejak dalam mengimplementasikan solusi SAP di berbagai industri di Indonesia, dan tim pendukung yang berkualitas.Abyor melayani basis klien globaldengan memberikan solusi IT yang komprehensif, efisien, dan efektif yang akan membantu meningkatkan kinerja perusahaan. Abyor juga merupakan perusahaan konsultan terkemuka SAP di Indonesia yang saat ini menjadi Gold Partner dari SAP, dan dikelola oleh para veteran SAP.

Gun Gun Gunawan selaku Direktur PT Abyor International, mengatakan, “Kami di PT Abyor International bangga dapat menghadirkan solusi teknologi terbaik di dunia dan tim ahli berpengalaman yang akan memastikan proyek selesai sesuai dengan timeline yang telah disepakati. Abyor akan membantu mewujudkan mimpi Pelindo IV menjadi penyedia jasa pelabuhan terbaik dalam industri kepelabuhanan di IndonesiaTimur.”

Gun Gun menambahkan, Abyor berharap agar seluruh BUMNsiap untuk menghadapi segala persaingan di masa depan dengan teknologi informasi.

###

Tentang PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero)

PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero), atau lebih dikenal sebagai Pelindo IV, didirikan secara resmi pada tanggal 1 Desember 1992 dan merupakan salah satu badan usaha milik negara (BUMN) terkemuka di Indonesia yang bergerak dalam jasa kepelabuhanan, khususnya dalam pelayanan kapal, penumpang, kargo, dan kontainer. Mengelola 23 pelabuhan di wilayah nusantara, Pelindo IV berkantor pusat di Makassar, Sulawesi Selatan serta aktif beroperasi di wilayah Kalimantan Timur, Sulawesi, Kepulauan Maluku, dan Irian Jaya. Bertujuan untuk menjadi perusahaan jasa kepelabuhanan nomor satu di Indonesia, Pelindo IV telah memperoleh beragam sertifikasi dalam konteks manajemen mutu (ISO 9001:2008), manajemen lingkungan (ISO 14001:2004), manajemen keselamatan dan kesehatan kerja (SMK3), dan manajemen pengaman pelabuhan international ship and port facility security (ISPS CODE) di berbagai wilayah pelabuhannya. Pelindo IV juga memiliki misi untuk go public pada tahun 2018 nanti dan meningkatkan pertumbuhan pendapatan dan laba usaha sebanyak 20 persen setiap tahunnya.

Tentang SAP

Selaku pemimpin pasar dalam perangkat lunak aplikasi enterprise, SAP (NYSE: SAP) membantu perusahaan dari semua ukuran dan industri berjalan lebih baik. Dari kantor ke ruang rapat, gudang ke etalase, desktop ke perangkat mobile – SAP memberdayakan masyarakat dan organisasi untuk bekerjasama dengan lebih efisien dan menggunakan wawasan bisnis dengan lebih efektif untuk tetap berada di depan kancah persaingan. Aplikasi dan layanan SAP memungkinkan lebih dari 345.000 pelanggan untuk beroperasi secara menguntungkan, beradaptasi terus-menerus, dan tumbuh berkelanjutan. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi www.sap.com.

Tentang PT Abyor International

PT Abyor International (Abyor) adalah perusahaan layanan Teknologi Informasi (TI) internasional. Melayani klien di seluruh dunia, Abyor memberikan layanan transaksi, layanan konsultasi dan teknologi, integrasi sistem dan layanan terkelola. Abyor mendedikasikan sumber dayanya untuk memberikan solusi TI yang terbaik kepada pelanggan. Dengan keahlian teknologi yang mendalam dan pengetahuan industri, Abyor bekerja untuk pelanggan di berbagai sektor industri. Untuk informasi lebih lanjut kunjungi www.abyor.com.